Sebelum Memulai Bisnis Dropship, Ketahui Hal-Hal Berikut

Posted on

Saat ini sistem dropship merupakan salah satu bisnis yang menjadi primadona bagi banyak orang. Dikenal tidak membutuhkan banyak modal dan beresiko kecil, belajar dropship dari tokopedia dinilai lebih efektif dibandingkan harus berbisnis dengan model reseller. Namun selain memiliki banyak kelebihan, terdapat beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui. Beberapa kekuranngan tersebut dapat anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis ini.

belajar dropship dari tokopedia

  1. Tidak dapat memantau stok produk

Karena semua stok produk berada di supplier, maka anda tidak memiliki kuasa untuk memantau berapa sisa stok produk yang masih ada. Semakin banyak jumlah dropshiper pada supplier, maka semakin cepat pula produk tersebut terjual. Bisa jadi ketika pagi masih 50, sorenya hanya tinggal 10 atau bahkan sudah sold out. Oleh karena itu anda harus mulai membiasakan pada hal-hal semacam ini.

  1. Keuntungan kecil

Kuntungan yang didapatkan dari sistem bisnis dropship memang sangat kecil sebab supplier memberikan harga jual satuan. Berbeda halnya jika anda menjadi reseller yang harus mengambil stok produk diawal. Karena keuntungannya kecil, maka anda harus pandai-pandai dalam memasarkan produk. Meskipun keuntungan belajar dropship dari tokopedia kecil namun jika jumlah produk yang mampu anda jual banyak, maka jumlahnya akan terakumulasi menjadi keuntungan yang besar.

  1. Sulit menjual barang

Kekurangan dari bisnis sistem dropship selanjutnya adalah sulit menjual produk-produk yang ditawarkan. Karena barang yang dijual berada di supplier, maka tentu anda tidak mengetahui bagaimana kualitas dari barang yang dipasarkan. Jika ternyata barang yang dikirimkan oleh supplier kepada konsumen anda ada yang cacat. Maka anda harus siap ketika ada konsumen yang melakukan complain atau meminta ganti rugi.

  1. Resiko komplain meningkat

Mengacu pada poin ke 3. Karena anda tidak memegang serta memiliki kontrol untuk mengecek stok dan kondisi produk. Bisa jadi anda akan kehabisan stok barang kapan saja sebagai posisi ropship, padahal konsumen sudah membayarnya. Hal ini tentunya mengharuskan anda untuk siap dan tahan mental dalam menghadapi berbagai complain dari para konsumen.

Biasanya kekurangan-kekurangan ini disebabkan karena anda kurang cermat dalam memilih supplier. Oleh karena itu, jika ingin belajar dropship dari tokopedia, pastikan supplier yang anda pilih benar-benar real dan terpercaya, termasuk produk-produk yang dijualnya. Semakin tinggi rating yang dimiliki supplier tersebut, maka semakin bagus pula kualitas dan pelayanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *